Nama Mata Kuliah : Pendidikan Kebudayaan Daerah
Kode Mata Kuliah :
SKS : 2
Dosen : Ervina Wahyuningsih
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Prasyarat : -
Waktu Perkuliahan :
16 pertemuan (2 Test Normatif)
Standar Kompetensi : Dengan mengikuti mata kuliah Pendidikan
Kebudayaan Daerah, mahasiswa diharapkan menguasai fakta, konsep, prinsip, dan
skill pendidikan kebudayaan daerah khususnya di Negara Indonesia yang
multicultural yang mencakup hakikat dari kebudayaan daerah-nasional, wawasan
Indonesia, warisan budaya daerah yang dikembangkan, nilai-nilai budaya daerah
yang dilestarikan, implementasi nilai budaya daerah di lingkungan pendidikan
dan pemecahan masalah sebagai bekal untuk pengembangan diri/karier sebagai guru
yang profesional.
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini berisi: fakta, konsep,
prinsip, dan skill pendidikan kebudayaan daerah khususnya di Negara Indonesia
yang multicultural yang mencakup hakikat dari kebudayaan daerah-nasional,
wawasan Indonesia, warisan budaya daerah yang dikembangkan, nilai-nilai budaya
daerah yang dilestarikan, implementasi nilai budaya daerah di lingkungan
pendidikan dan pemecahan masalah
Mata kuliah ini
memberikan bekal mahasiswa pengetahuan, keterampilan mengimplementasikan nilai
kebudayaan daerah di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi
guru yang profesional. Untuk mencapai tujuan tersebut selain melalui
ekspositori dan diskusi, mahasiswa diberikan tugas secara kelompok dan tugas
individu/mandiri.
.
Uraian
Materi PokokTiap Pertemuan
Pertemuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Sumber
|
1
|
Mahasiswa memahami garis besar materi
perkuliahan
|
Pengantar dan preview perkuliahan
|
2
|
Mahasiswa memahami isi dan struktur buku, serta
pokok-pokok yang termuat dalam buku sehingga mudah mempelajarinya
|
Isi dan struktur buku, serta pokok-pokok yang
termuat dalam buku
|
3
|
Mahasiswa
memahami Pendidikan sebagai transformasi budaya
|
A1
hal 3-27
|
4
|
Mahasiswa
memahami konsep Konsep Pendidikan Multikulturalisme
|
A1
hal 175-211
|
5
|
Mahasiswa mamahami konsep Urgensi Pendidikan
Multikultural di Indonesia
|
A1 hal 216-250
|
6
|
Mahasiswa memahami Praktik
Pembelajaran Berbasis Budaya
|
A1 hal 274 & Kurikulum
2013
|
7
|
Refleksi dan Evaluasi
|
Ekspositori & Diskusi
|
8
|
UTS
|
Ujian Normatif
|
9
|
Mahasiswa memahami wawasan
nusantara
|
Peta Indonesia & ATLAS
|
10
|
Mahasiswa memahami budaya tradisional pulau
Sumatra yang terdiri dari ± 10 provinsi
|
Atlas & Buku Budaya
Daerah
|
11
|
Mahasiswa memahami budaya tradisional pulau
Kalimantan yang terdiri dari ± 4 provinsi
|
Atlas & Buku Budaya
Daerah
|
12
|
Mahasiswa memahami budaya tradisional pulau Jawa
yang terdiri dari ± 9 provinsi
|
Atlas & Buku Budaya
Daerah
|
13
|
Mahasiswa
memahami budaya tradisional pulau Sulawesi yang terdiri dari ± 6 provinsi
|
Atlas & Buku Budaya Daerah
|
14
|
Mahasiswa memahami budaya tradisional pulau
Papua yang terdiri dari ± 4 provinsi
|
Atlas & Buku Budaya
Daerah
|
15
|
Mahasiswa memahami budaya nasional yang wajib
diimplementasikan nilai-nilainya dalam pendidikan
|
Atlas & A2. Laporan hasil penelitian outing
class
|
16
|
UAS
|
Ujian
Normatif
|
Evaluasi
Hasil Belajar :
1. Partisipasi kuliah 10
%
2. Tugas-tugas 20
%
3. Keaktifan 10
%
4. Ujian tengah semester 30
%
5. Ujian akhir semester 30
%
Daftar
Literatur/Referensi (A)
1. Mahfud,Choirul.2011.Pendidikan Multikultural.Yogyakarta:Pustaka
Pelajar
2. Liliweri, Alo.2009.Prasangka&Konflik Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultur.Yogyakarta:LKiS
Literatur tambahan (B)
1. Smith, Samuel.1986.Gagasan-Gagasan
Besar Tokoh-Tokoh Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
2. Giroux, Henry & Patrick Shannon.1997.Educational and Culture Studies
toward s Performative Practice.New York:Routledge.
Dosen
dapat dihubungi di:
Blog :
epinawey.blogspot.com
Surakarta, 10 September 2013
Mengetahui,
Ketua Prodi
Drs Saring Marsudi S.H.,M.Pd
NIP. .....
|
Dosen Pengampu
Mata Kuliah
Ervina
Wahyuningsih,S.Pd
DTT 1213
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar