PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
N0. 16
SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011
SKRIPSI
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Mencapai Derajat
Sarjana S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
PROPOSAL
Disusun Oleh:
ERVINA WAHYUNINGSIH
NIM. A 510 070 045
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
SURAKARTA
2011
PERSETUJUAN
PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
N0. 16
SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011
Disusun
oleh :
ERVINA WAHYUNINGSIH
A 510 070 045
Telah disetujui oleh Dosen Pembimbing untuk dopertahankan
di hadapan Dewan Penguji Skripsi Sarjana Strata – 1
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pada
Hari :
Tanggal :
Pembimbing I
Dra.Hj.Sri Hartini,SH.,
M,Pd.
Tanggal :
April 2011
|
Pembimbing II
Drs.H.Saring Marsudi,S.H.,
M,Pd.
Tanggal :
April 2011
|
|
PENGESAHAN
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE
TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
N0. 16
SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011
Yang
dipersembahkan dan disusun oleh :
ERVINA WAHYUNINGSIH
NIM. A 510 070 045
Telah
Dipertahankan di Depan Dewan Penguji
Pada
Tanggal : ..... Mei 2011
Dan
Dinyatakan Telah Memenuhi Syarat
Susunan
Dewan Penguji :
1. Dra.Hj.Sri Hartini,SH,. M.Pd
NIK. 050
|
( )
|
2. Drs.Saring Marsudi,SH.,M.Pd
NIP. 130888669
|
( )
|
3. Drs. Muhroji. S.E., M.Si.
NIK. 231
|
( )
|
Surakarta,
.... Mei 2011
Disahkan,
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Dekan
Drs.H.Sofyan Anif, M.Si
NIK.547
PERNYATAAN
Dengan ini, saya
menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan
untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang
pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis
atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam
naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Apabila ternyata
kelak dikemudian hari terbukti ada
ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggung jawab
sepenuhnya.
|
Surakarta,
April 2011
ERVINA WAHYUNINGSIH
NIM. A 510 070 045
|
|
|
MOTTO
(Man salaka thariqan
yaltamishu bihi thariqan ilal jannah)
Barang siapa yang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu,
maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga
(Shahih Muslim)
No teacher no education,
no education no economic and sosial development.
(Ho Chi Minh-Vietnam)
Fokus, perseverance (ketekunan
dalam usaha), dan berdo`a , berserahdiri hanya kepada Allah SWT merupakan kunci
utama suatu keberhasilan hidup di dunia maupun di akherat.Asa!
(Penulis).
PERSEMBAHAN
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat
Allah SWT yang mengasihi dan memudahkan jalan hamba-hamba-Nya. Laa Haula wa laa Quata illa billah, hanya
dengan daya dan kekuatan dari Allah sehingga penelitian ini dapat
terselesaikan.
Skripsi ini penulis persembahkan untuk :
Ayahanda dan Ibunda
Dengan kerendahan hati ananda mengucapkan terima kasih
yang tidak mungkin bisa menggantikan do`a, ketulusan, dan kesabaran dalam
mengiringi tiap langkah ananda untuk menjadi insan cendekia dan sholehah.
Semoga Allah SWT selalu merahmati jalan Ayahanda dan Ibunda terkasih.
Adik-Adikku
Adik Happy dan Ad`ha kalian adalah sumber semangat untuk
mengisi hari-hari perjalanan hidup kakak, sehingga lebih berwarna dan semangat
untuk lebih baik. Semoga Allah SWT selalu merahmati kokohnya tali persaudaraan
diantara kita.
Sahabatku(Erlina,
Une`,Nisa,Vian,Lilis, Agustin, Ida,Mb Lilis)
Terima kasih atas segala Do`a, motivasi, bantuan dan
kenangan indah yang menghiasi hidupku. Persahaban kita moga semakin terkait
indah dan tetap semangat.
Teman-teman HMP PGSD
Semoga pengalaman untuk menjadi insan yang berkarakter
kuat dan cerdas bisa benar-benar terwujud dalam diri kita. Terima kasih atas
kerjasamanya.
Teman-teman BEM 2010
Terima kasih atas motivasi, do`a, dan pengalaman yang
sudah terlewati. Semoga jejak kita bisa menjadi awal dari keberhasilan kita di
masa yang akan datang.
PGSD 2007
Kepada Jurusan, terima kasih atas kerjasamanya sehingga
selama pendidikan di UMS terasa semakin bermakna. Teman-teman FKIP PGSD
khususnya kelas A, semoga tali silaturahiim antara kita tidak pernah terputus.
Almamater FKIP UMS
KATA PENGANTAR
Assalamu`alaikum
Wr.Wb.
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam yang
telah memberi hidayah, nikmat, dan inayah-Nya, sholawat dan salam selalu kepada
Rasulullah Nabi Muhammad SAW, yang dengan suri tauladan beliau dapat
menghantarkan umatnya ke jalan yang lurus dan menjadi insane mulia dunia
akhirat.
Alhamdulillah, penulis bersyukur telah menyelesaikan
tugas penulisan skripsi ini dengan judul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN
MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN
BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
N0. 16
SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011” sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar
sarjana pendidikan S-1 Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Penulis
menyadari bahwa pada proses penyusunan skripsi ini banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Bapak
Drs. H. Sofyan Anif, M.Si, selaku Dekan Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan
ijin untuk melaksanakan penelitian.
2.
Bapak Dr. Saring Marsudi , SH, M.pd, selaku selaku Ketua Program Studi Pendidikan PGSD
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta dan
dosen pembimbing II yang telah memberikan kesempatan, bimbingan dan arahan
untuk menyelesaikan skripsi ini.
3.
Ibu Dra.Hj.Sri
Hartini,SH,.M.Pd, selaku Pembimbing
I yang selalu memberikan pengarahan, bimbingan, dan dorongan dengan penuh ketelitian
dan kesabaran sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
4.
Bapak Drs.Suwarno,SH.,M.Pd. selaku Pembimbing Akademik yang telah banyak memberikan
petunjuk dan motivasi selama masa studi.
5.
Ibu Dra.Sri Wahyuni,MM selaku kepala
sekolah SD N Mangkubumen No. 16 Surakarta yang telah berkenan memberi ijin kepada penulis untuk mengadakan
penelitian.
6.
Bapak Ferry GH,S.Pd dan Ibu Dra.Dora K.P selaku guru kelas IIIA dan IIIB yang telah rela bekerjasama, membimbing dan mengarahkan penulis dalam pelaksanaan penelitian
di SD.
7.
Seluruh
keluarga besar SD Negeri Mangkubumen No. 16 Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada
penulis untuk mengadakan penelitian.
8.
Semua
pihak yang tidak mungkin disebutkan satu per satu yang telah membantu dalam
menyelesaikan skripsi ini.
Semoga skripsi ini dapat bermanfaat, baik bagi pembaca
maupun pribadi dan dapat menjadi sumbangan bagi perkembangan ilmu pendidikan.
Semoga ilmu yang di dapat dari skripsi ini dapat bermanfaat dalam kehidupan
dunia dan akherat.
Wassalamu`alaikum
Wr.Wb.
|
Surakarta,
…. April 2011
Penulis
|
DAFTAR
ISI
HALAMAN
DEPAN ....................................................................................... i
HALAMAN
PERSETUJUAN ........................................................................ ii
HALAMAN
PENGESAHAN ........................................................................ iii
HALAMAN
PERNYATAAN......................................................................... iv
HALAMAN
MOTTO....................................................................................... v
HALAMAN
PERSEMBAHAN...................................................................... vi
KATA
PENGANTAR..................................................................................... vii
DAFTAR
ISI.................................................................................................... ix
DAFTAR
TABEL............................................................................................. xi
DAFTAR
GAMBAR....................................................................................... xii
DAFTAR
LAMPIRAN................................................................................... xiii
ABSTRAK....................................................................................................... xiv
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B. Identifikasi Masalah ........................................................................ 5
C. Pembatasan Masalah ........................................................................ 6
D. Perumusan Masalah ......................................................................... 7
E. Tujuan Penelitian .............................................................................. 7
F. Manfaat Penelitian ........................................................................... 8
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Kajian Teori ..................................................................................... 9
1. Tinjauan tentang Prestasi Belajar
matematika ............................ 9
2. Tinjauan tentang Anak Berkesulitan Belajar
Matematika ......... 16
3. Upaya Mengatasi Kesulitan belajar ........................................... 41
4. Tinjauan tentang Model Pembelajaran Terarah ......................... 43
5. Tinjauan tentang Media Puzzle ................................................. 46
B. Kerangka Berfikir ........................................................................... 46
C. Hipotesis ......................................................................................... 47
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ............................................................................... 48
B. Tempat dan Waktu
Penelitian ......................................................... 48
C. Variabel Penelitian .......................................................................... 51
D. Teknik Pengumpulan Data ............................................................. 52
E. Teknik Analisis Data ....................................................................... 60
BAB IV
ANALISIS DATA
A. Deskripsi
Data.................................................................................. 63
B. Pengujian
Persyaratan Analisis......................................................... 69
C. Pengujian
Hipotesis.......................................................................... 70
D. Pembahasan
Hasil Analisis............................................................... 71
BAB V
SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
A. Simpulan
Penelitian.......................................................................... 74
B. Implikasi
Hasil Penelitian................................................................. 75
C. Saran................................................................................................. 75
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................... 76
LAMPIRAN..................................................................................................... 78
DAFTAR
TABEL
Halaman
Tabel
1.
|
Data
nilai tes sumatif semester 1 kelas III A dan B
|
4
|
Tabel
2.
|
Distribusi
Frekuensi Skor Kemampuan Awal Kelompok Eksperimen
|
65
|
Tabel
3.
|
Distribusi
Frekuensi Skor Kemampuan Awal Kelompok Kontrol
|
66
|
Tabel
4.
|
Distribusi
Frekuensi Skor Kemampuan Akhir Kelompok Eksperimen
|
67
|
Tabel
5.
|
Distribusi
Frekuensi Skor Kemampuan Akhir Kelompok Kontrol
|
68
|
|
|
|
DAFTAR
GAMBAR
|
|
Halaman
|
Gambar
1.
|
Bagan
Kerangka Pemikiran
|
47
|
Gambar
2.
|
Grafik
Skor Kemampuan Awal Kelompok Eksperimen
|
65
|
Gambar
3.
|
Grafik
Skor Kemampuan Awal Kelompok Kontrol
|
66
|
Gambar
4.
|
Grafik
Skor Kemampuan Akhir Kelompok Eksperimen
|
67
|
Gambar
5.
|
Grafik
Skor Kemampuan Akhir Kelompok Kontrol
|
68
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR
LAMPIRAN
|
|
Halaman
|
Lampiran 1
|
Daftar Jadwal Kegiatan Penelitian
|
78
|
Lampiran 2
|
Daftar
Nilai Bidang Studi Matematika Semester 1 Kelas III A dan IIIB yang Termasuk
Anak yang Berkesulitan Belajar Matematika di SDN Mangkubumen No. 16 Ska.
|
79
|
Lampiran 3
|
Daftar Nama Siswa yang Menjadi Sampel
Penelitian dengan Teknik Random Sampling
|
82
|
Lampiran 4
|
Kisi-kisi
Soal Try out
|
84
|
Lampiran 5
|
Soal-soal
Try out
|
87
|
Lampiran 6
|
Kunci
Jawaban Try out
|
92
|
Lampiran 7
|
Lembar
Jawaban Try out
|
93
|
Lampiran 8
|
Data
Uji Coba Soal Try out
|
94
|
Lampiran 9
|
Uji
Validitas Butir Soal Matematika
|
95
|
Lampiran 10
|
Rangkuman
Perhitungan Validitas Butir Soal Try
out Matematika
|
98
|
Lampiran 11
|
Uji
Reliabilitas Soal tes Matematika
|
99
|
Lampiran 12
|
Distribusi
Skor Kemampuan Awal dan Akhir Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol
|
103
|
Lampiran 13
|
Tabel
Perhitungan Perbedaan Kemampuan Awal antara Kelompok Eksperimen dan Kelompok
Kontrol
|
104
|
Lampiran 14
|
Tabel
Perhitungan Perbedaan Test Kemampuan Akhir antara Kelompok Eksperimen dan
Kelompok Kontrol
|
105
|
Lampiran 15
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
106
|
Lampiran 16
|
Soal-soal
Pre Test dan Post Test
|
121
|
Lampiran 17
|
Kunci
Jawaban Pre Test dan Post Test
|
125
|
|
SURAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE
TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
N0. 16
SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011
Ervina Wahyuningsih, A510070045, Program Studi PGSD
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 78 Halaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika
bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen
Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang
berdasarkan eksplanasi variabelnya termasuk ke dalam penelitian asosiatif dan
menggunakan pola simple random design. Subjek penelitian ini adalah anak yang
mengalami kesulitan belajar matematika dilihat dari nilai sumatif semester 1
tahun ajaran 2010/2011 akan didapatkan anak yang nilainya di bawah rata-rata
kelas, ada tiga kelompok yaitu:1)10 siswa kelompok eksperimen dari kelas III B,
2)10 siswa kelompok kontrol dari kelas III A, dan 3) 10 siswa kelompok untuk
uji validitas dan reliabilitas instrument test (try out) dari kelas III A dan III B. Teknik menentukan sampel
menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai
asli bidang studi matematika semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Teknik tes
digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika sebelum dan
setelah eksperimen (post test dan pre
test). Sebagai matching sampelnya adalah hasil pre test dan sebagai uji
hipotesisnya adalah hasil post test dengan teknik t-test. Jenis tes yaitu tes objektif yang terdiri dari tes pilihan
ganda dan tes isian. Dari hasil analisa data diperoleh t0= ±2,136
dengan db= 18, tt= ±2,101 pada taraf signifikansi
5%, dengan demikian t0 > tt. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan
pemberian model pembelajaran terarah bagi anak berkesulitan belajar matematika
akan berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar dapat diterima
kebenarannya.
Kata
kunci: model pembelajaran terarah dengan
media puzzle, pretasi belajar, anak berkesulitan belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar