Selasa, 12 November 2013

Persoalan Pendidikan itu Persoalan Politik

"PERSOALAN PENDIDIKAN ITU PERSOALAN POLITIK"
 
Kenapa ??? Iya,,karena persoalan pendidikan adalah suatu pilihan. Anggaran pendidikan menjadikan primadona problem yang banyak pilihan untuk memutuskan. Guru banyak juga permintaan terhadap kebijakan pemerintah, misalnya untuk melengkapi administrasi guna kenaikan pangkat : Tes tertulis, tes kinerja & portofolio, dan akhirnya mereka merasa keberatan. 

Menurut PERMENDIKNAS sudah diatur berkenaan ketenagakerjaan instansi pendidikan akan tetapi realitasnya tidak sesuai perundangan yang ada. 

Hasil pendidikan itu jangka panjang, jadi tidak kelihatan.
NCLB (No Child Left Behind) --> tidak ada siswa yang dikesampingkan. Paradigma tentang kenaikan kelas, dibiarkan siswa naik kelas walaupun nilai tidak mencapai KKM tp guru harus merancang remidial/ treatmen untuk memperbaiki kompetensi siswa. Guru mengembangkan seluruh kompetensi siswa. 

Kualitas pendidikan dalam konteks system. Didalamnya ada input, proses, outcome. Kalaupun mengalami kegagalan tidak boleh menyalahkan satu dengan yang lain karena itu merupakan suatu system. Indonesia yang kaya akan tetapi manusianya kurang produktif, hal ini juga merupakan korban dari kurang bekerjanya system di Indonesia. Pertanian, kelautan & perkebunan di Indonesia yang melimpah tapi penduduk di Indonesia masih banyak mengimport dari Luar! salah ssiapa????? Ayoooo mulai dari diri sendiri untuk memajukan kehidupan diri, bangsa & negara...hehehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar