Senin, 21 Mei 2012

Tugas Inovasi Pendidikan "Gugus Masalah Pendidikan"

Tugas Instruksional 
Observasi ke Instansi Pendidikan (SMP/SMA/sederajat) untuk memahami penerapan materi tentang Inovasi Pendidikan.

Tema Observasi : Inovasi Pendidikan pada Kurikulum KBK dan KTSP.

Gugus I :
Pemahaman Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Instansi tentang KBK, Kurikulum 2004, dan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). menurut pendapat/penilaian:

  1. Aspek inovasi apa yang terkandung dalam proses pengembangan kurikulum itu.
  2. Persyaratan/kondisi apa saja yang diperlukan agar implementasi KTSP terjadi sesuai dengan tuntuntan kurikulum.
  3. Masalah-masalah apa yang dihadapi dalam mengimplementasikan KTSP, dan strategi apa yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Gugus Masalah II:

Pemahaman Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas instansi tentang efektivitas penataran. selama ini berbagai jenis penataran guru sering dilaksanakan, namun sementara pihak menyangsikan pengaruhnya terhadap peningkatan mutu KBM.menurut pendapat dan penilaian:

  1. Bagaimana seharusnya penataran-penataran itu dilaksanakan. pertanyaan ini ingin mengungkapkan sejauh mana pemahaman mereka mengenai penyelenggaraan penataran guru yang baik.
  2. Kritik/kelemahan yang dapat diungkapkan menyangkut pelaksanaan berbagai jenis penataran guru.
  3. Faktor-faktor / kondisi apa yang menyebabkan hasil penataran kurang optimal dipraktikkan untuk memperbaiki mutu KBM.
Gugus Masalah III:

Pemahaman Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas instansi mengenai penyelenggaraan KBM pada instansi tsb. menurut pendapat/penilaian:

  1. Azas-azas apa yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam penyelenggaraan KBM di instansi tsb dan sejauh mana pemahamannya tentang azas-azas tersebut.
  2. Upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk memperbaiki mutu KBM.
  3. Apakah terdapat bentuk-bentuk inovasi dalam penyelenggaraan KBM, betuknya seperti apa, lalu mengapa dan bagaimana dan dengan maksud apa perubahan itu dilakukan.
NB:

  1. Dibagi menjadi 3 kelompok (Kelompok Utama)
  2. Setiap kelompok dibagi menjadi 2 kelompok lagi (Sub Kelompok: Sub Kelompok I untuk instansi pendidikan yang sudah maju dan Sub Kelompok II untuk instansi pendidikan yang biasa/terbelakang)
  3. Setiap kelompok utama membuat laporan observasi yang dibuat secara sistematis dan analitis. (I. Pendahuluan;II. Dasar Permasalahan; III. Hasil Observasi; IV. Saran dan Kesimpulan; V. Nara Sumber; lampiran yang berupa dokumentasi.


-Selamat Mengerjakan- 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar