Sabtu, 24 November 2012

Mengembangkan Otak Pada Anak Batita

Happy :) Subhanallah --> ada rasa yang puas ketika berhadapan dengan anak-anak yang berkembang kognisinya (baik sikap, pengetahun, dan kepribadian dengan lingkungan). Senyum, tawa, tangis, kemanjaan mereka menghilangkan rasa galau, sedih, resah dan entahlah (rasa itu susah untuk diungkapkan). hehe,,, saat ini aku ingin mengungkapkan rasa penasaranku dan rasa ketertarikanku dengan perkembangan anak usia dini dengan segala media yang bisa aku manfaatkan dan salah satunya dengan my blog. :) Semoga bermanfaat.

Jika kau sentuh aku dengan lemah lembut
Jika kau memandangku dengan tersenyum
Jika kau berbicara dan mendengarkanku
Ku akan tumbuh,
Benar-benar tumbuh ....
-NN-
  
Permainan Mendorong =  (12-15 bulan)
Hasil Riset Otak
Jika neuron-neuron otak yang terkait dengan penglihatan dan motorik tidak dilatih secara dini, saat dewasa nanti neuron-neuron akan menjadi kurang fleksibel ketika dihubungkan untuk berbagai pengalaman.

Permainan yang bisa mewakili adalah Permainan Mendorong 
Tahap-tahap:
  • Anak batita senang mendorong benda. Mereka senang bisa membuat benda bergerak dan senang melihatnya.
  • Permainan mendorong membuat si kecil merasa kuat dan mempuyai kontrol. Ini adalah cara yang menakjubkan untuk mengembangkan rasa percaya diri dan koordinasi pada anak.
  • Ambil beberapa benda yang dapat didorong oleh si kecil. Pilih benda yang sangat ringan seperti boneka binatang, mainan kecil, atau mainan yang khusus untuk didorong.
  • Ucapkan, "Satu, dua, tiga, dorong!" lalu dorong salah satu mainan tersebut.
  • Ulangi hitungan dan semangati si kecil untuk mendorong mainannya
  • Saat ia mengulang-ulang kata-kata di atas terus menerus sepanjang hari, kita akan tahu betapa dia menyukai permainan ini!
Selamat mencoba :) 
to be continue ..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar