Selasa, 12 Februari 2013

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PERTANYAAN SOCRATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA I Wayan Redhana FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha (email: redhana.undiksha@gmail.com)


Abstrak: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk 
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Socratic untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP. Penelitian kuasi eksperimental ini menggunakan nonequivalent control group design, dengan melibatkan 273 siswa dari empat SMP di Buleleng, Bali. Dua kelas diambil dari masing-masing sekolah, satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung, dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Sokratik. Data dianalisi dengan menggunakan Ancova pada taraf signifikansi 5%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Sokratik lebih efektif jika dibanding dengan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. 

Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, pertanyaan Socratik, berpikir kritis 
_________________________________________________________________
Abstract: A Problem-Based Teaching Model and The Socratic Question to Improve Students’ Critical Thinking Skill. 

This  study was aimed to test the effectiveness of the problem-based teaching model and the Socratic questions to improve the students’ critical thinking skill in the science subject at the junior high school. This quasi-experimental study employed the nonequivalent control group design, involving 273 students from four junior high schools in Buleleng, Bali. Two classes were taken from each school, one as the control group taught using the direct teaching model and one as the experimental group taught using the problembased teaching model and the Socratic questions. The data were analyzed using the Ancova analysis at the significance level of 0.05. The findings showed that the problem-based teaching model and the Socratic questions were more effective than the direct teaching model in improving the students’ critical thinking skill.

Keywords: problem-based teaching, Socratic question, critical thinking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar