Selasa, 18 Desember 2012

Halaman Depan Skripsi


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
 N0. 16 SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011


SKRIPSI
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Mencapai Derajat
Sarjana S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
 






PROPOSAL
Disusun Oleh:
ERVINA WAHYUNINGSIH
NIM. A 510 070 045

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2011
PERSETUJUAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
 N0. 16 SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011

Disusun oleh :

ERVINA WAHYUNINGSIH
A 510 070 045

Telah disetujui oleh Dosen Pembimbing untuk dopertahankan di hadapan Dewan Penguji Skripsi Sarjana Strata – 1
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pada Hari                    :
Tanggal                       :

Pembimbing I



Dra.Hj.Sri Hartini,SH., M,Pd.
Tanggal :    April 2011
Pembimbing II



Drs.H.Saring Marsudi,S.H., M,Pd.
Tanggal :     April 2011




PENGESAHAN
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
 N0. 16 SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011

Yang dipersembahkan dan disusun oleh :

ERVINA WAHYUNINGSIH
NIM. A 510 070 045

Telah Dipertahankan di Depan Dewan Penguji
Pada Tanggal : ..... Mei 2011
Dan Dinyatakan Telah Memenuhi Syarat

Susunan Dewan Penguji :

1.      Dra.Hj.Sri Hartini,SH,. M.Pd
NIK. 050
(                                  )  
2.      Drs.Saring Marsudi,SH.,M.Pd
NIP. 130888669
(                                 )
3.      Drs. Muhroji. S.E., M.Si.
NIK. 231
(                                 )

Surakarta, .... Mei 2011
Disahkan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Dekan

Drs.H.Sofyan Anif, M.Si
NIK.547



PERNYATAAN

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Apabila ternyata kelak  dikemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya.



Surakarta,    April 2011



ERVINA WAHYUNINGSIH
NIM. A 510 070 045















MOTTO

(Man salaka thariqan yaltamishu bihi thariqan ilal jannah)
Barang siapa yang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga
(Shahih Muslim)


No teacher no education, no education no economic and sosial development.
(Ho Chi Minh-Vietnam)

Fokus, perseverance (ketekunan dalam usaha), dan berdo`a , berserahdiri hanya kepada Allah SWT merupakan kunci utama suatu keberhasilan hidup di dunia maupun di akherat.Asa!
(Penulis).
















PERSEMBAHAN

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang mengasihi dan memudahkan jalan hamba-hamba-Nya. Laa Haula wa laa Quata illa billah, hanya dengan daya dan kekuatan dari Allah sehingga penelitian ini dapat terselesaikan.

Skripsi ini penulis persembahkan untuk :
Ayahanda dan Ibunda
Dengan kerendahan hati ananda mengucapkan terima kasih yang tidak mungkin bisa menggantikan do`a, ketulusan, dan kesabaran dalam mengiringi tiap langkah ananda untuk menjadi insan cendekia dan sholehah. Semoga Allah SWT selalu merahmati jalan Ayahanda dan Ibunda terkasih.
Adik-Adikku
Adik Happy dan Ad`ha kalian adalah sumber semangat untuk mengisi hari-hari perjalanan hidup kakak, sehingga lebih berwarna dan semangat untuk lebih baik. Semoga Allah SWT selalu merahmati kokohnya tali persaudaraan diantara kita.
Sahabatku(Erlina, Une`,Nisa,Vian,Lilis, Agustin, Ida,Mb Lilis)
Terima kasih atas segala Do`a, motivasi, bantuan dan kenangan indah yang menghiasi hidupku. Persahaban kita moga semakin terkait indah dan tetap semangat.
Teman-teman HMP PGSD
Semoga pengalaman untuk menjadi insan yang berkarakter kuat dan cerdas bisa benar-benar terwujud dalam diri kita. Terima kasih atas kerjasamanya.
Teman-teman BEM 2010
Terima kasih atas motivasi, do`a, dan pengalaman yang sudah terlewati. Semoga jejak kita bisa menjadi awal dari keberhasilan kita di masa yang akan datang.
PGSD 2007
Kepada Jurusan, terima kasih atas kerjasamanya sehingga selama pendidikan di UMS terasa semakin bermakna. Teman-teman FKIP PGSD khususnya kelas A, semoga tali silaturahiim antara kita tidak pernah terputus.
Almamater FKIP UMS




KATA PENGANTAR
Assalamu`alaikum Wr.Wb.
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberi hidayah, nikmat, dan inayah-Nya, sholawat dan salam selalu kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW, yang dengan suri tauladan beliau dapat menghantarkan umatnya ke jalan yang lurus dan menjadi insane mulia dunia akhirat.
Alhamdulillah, penulis bersyukur telah menyelesaikan tugas penulisan skripsi ini dengan judul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
 N0. 16 SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011” sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan S-1 Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Penulis menyadari bahwa pada proses penyusunan skripsi ini banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Drs. H. Sofyan Anif, M.Si, selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan penelitian.
2.      Bapak Dr. Saring Marsudi , SH, M.pd, selaku selaku Ketua Program Studi Pendidikan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dosen pembimbing II yang telah memberikan kesempatan, bimbingan dan arahan untuk menyelesaikan skripsi ini.
3.      Ibu Dra.Hj.Sri Hartini,SH,.M.Pd, selaku Pembimbing I yang selalu memberikan pengarahan, bimbingan, dan dorongan dengan penuh ketelitian dan kesabaran sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
4.      Bapak Drs.Suwarno,SH.,M.Pd. selaku Pembimbing Akademik yang telah banyak memberikan petunjuk dan motivasi selama masa studi.
5.      Ibu Dra.Sri Wahyuni,MM selaku kepala sekolah SD N Mangkubumen No. 16 Surakarta yang telah berkenan memberi ijin kepada penulis untuk mengadakan penelitian.
6.      Bapak Ferry GH,S.Pd dan Ibu Dra.Dora K.P selaku guru kelas IIIA dan IIIB yang telah rela bekerjasama, membimbing dan mengarahkan penulis dalam pelaksanaan penelitian di SD.
7.      Seluruh keluarga besar SD Negeri  Mangkubumen No. 16 Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengadakan penelitian.
8.      Semua pihak yang tidak mungkin disebutkan satu per satu yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.
Semoga skripsi ini dapat bermanfaat, baik bagi pembaca maupun pribadi dan dapat menjadi sumbangan bagi perkembangan ilmu pendidikan. Semoga ilmu yang di dapat dari skripsi ini dapat bermanfaat dalam kehidupan dunia dan akherat.
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

Surakarta, …. April 2011
Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN .......................................................................................  i
HALAMAN PERSETUJUAN ........................................................................  ii
HALAMAN PENGESAHAN ........................................................................  iii
HALAMAN PERNYATAAN......................................................................... iv
HALAMAN MOTTO....................................................................................... v
HALAMAN PERSEMBAHAN...................................................................... vi
KATA PENGANTAR..................................................................................... vii
DAFTAR ISI.................................................................................................... ix
DAFTAR TABEL............................................................................................. xi
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... xii
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................... xiii
ABSTRAK....................................................................................................... xiv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ..................................................................  1
B. Identifikasi Masalah ........................................................................  5
C. Pembatasan Masalah ........................................................................  6
D. Perumusan Masalah .........................................................................  7
E. Tujuan Penelitian ..............................................................................  7
F. Manfaat Penelitian ...........................................................................  8
BAB II LANDASAN TEORI
A. Kajian Teori .....................................................................................  9
  1. Tinjauan tentang Prestasi Belajar matematika ............................  9
2. Tinjauan tentang Anak Berkesulitan Belajar Matematika .........  16
3. Upaya Mengatasi Kesulitan belajar ...........................................  41
4. Tinjauan tentang Model Pembelajaran Terarah .........................  43
5. Tinjauan tentang Media Puzzle .................................................  46
B. Kerangka Berfikir ...........................................................................  46
C. Hipotesis  ......................................................................................... 47
BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ...............................................................................  48
B. Tempat dan Waktu Penelitian .........................................................  48
C. Variabel Penelitian ..........................................................................  51
D. Teknik Pengumpulan Data .............................................................  52
E. Teknik Analisis Data .......................................................................  60
BAB IV ANALISIS DATA
A. Deskripsi Data.................................................................................. 63
B.  Pengujian Persyaratan Analisis......................................................... 69
C.  Pengujian Hipotesis.......................................................................... 70
D. Pembahasan Hasil Analisis............................................................... 71
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
A. Simpulan Penelitian.......................................................................... 74
B.  Implikasi Hasil Penelitian................................................................. 75
C.  Saran................................................................................................. 75
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 76
LAMPIRAN..................................................................................................... 78

DAFTAR TABEL
                                                                                                                     Halaman
Tabel 1.
Data nilai tes sumatif semester 1 kelas III A dan B
4
Tabel 2.
Distribusi Frekuensi Skor Kemampuan Awal Kelompok Eksperimen
65
Tabel 3.
Distribusi Frekuensi Skor Kemampuan Awal Kelompok Kontrol
66
Tabel 4.
Distribusi Frekuensi Skor Kemampuan Akhir Kelompok Eksperimen
67
Tabel 5.
Distribusi Frekuensi Skor Kemampuan Akhir Kelompok Kontrol
68
















DAFTAR GAMBAR


Halaman
Gambar 1.
Bagan Kerangka Pemikiran
47
Gambar 2.
Grafik Skor Kemampuan Awal Kelompok Eksperimen
65
Gambar 3.
Grafik Skor Kemampuan Awal Kelompok Kontrol
66
Gambar 4.
Grafik Skor Kemampuan Akhir Kelompok Eksperimen
67
Gambar 5.
Grafik Skor Kemampuan Akhir Kelompok Kontrol
68















                         








DAFTAR LAMPIRAN


Halaman
Lampiran 1
Daftar Jadwal Kegiatan Penelitian
78
Lampiran 2
Daftar Nilai Bidang Studi Matematika Semester 1 Kelas III A dan IIIB yang Termasuk Anak yang Berkesulitan Belajar Matematika di SDN Mangkubumen No. 16 Ska.
79
Lampiran 3
Daftar Nama Siswa yang Menjadi Sampel Penelitian dengan Teknik Random Sampling
82
Lampiran 4
Kisi-kisi Soal Try out
84
Lampiran 5
Soal-soal Try out
87
Lampiran 6
Kunci Jawaban Try out
92
Lampiran 7
Lembar Jawaban Try out
93
Lampiran 8
Data Uji Coba Soal Try out
94
Lampiran 9
Uji Validitas Butir Soal Matematika
95
Lampiran 10
Rangkuman Perhitungan Validitas Butir Soal Try out  Matematika
98
Lampiran 11
Uji Reliabilitas Soal tes Matematika
99
Lampiran 12
Distribusi Skor Kemampuan Awal dan Akhir Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol
103
Lampiran 13
Tabel Perhitungan Perbedaan Kemampuan Awal antara Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol
104
Lampiran 14
Tabel Perhitungan Perbedaan Test Kemampuan Akhir antara Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol
105
Lampiran 15
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
106
Lampiran 16
Soal-soal Pre Test dan Post Test
121
Lampiran 17
Kunci Jawaban Pre Test dan Post Test
125

SURAT


























ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERARAH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
KELAS III DI SD NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL
 N0. 16 SURAKARTA
TAHUN PEMBELAJARAN 2010 / 2011

Ervina Wahyuningsih, A510070045, Program Studi PGSD
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 78 Halaman.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terarah dengan media puzzle terhadap prestasi belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berdasarkan eksplanasi variabelnya termasuk ke dalam penelitian asosiatif dan menggunakan pola simple random design. Subjek penelitian ini adalah anak yang mengalami kesulitan belajar matematika dilihat dari nilai sumatif semester 1 tahun ajaran 2010/2011 akan didapatkan anak yang nilainya di bawah rata-rata kelas, ada tiga kelompok yaitu:1)10 siswa kelompok eksperimen dari kelas III B, 2)10 siswa kelompok kontrol dari kelas III A, dan 3) 10 siswa kelompok untuk uji validitas dan reliabilitas instrument test (try out) dari kelas III A dan III B. Teknik menentukan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai asli bidang studi matematika semester 1 tahun ajaran 2010/2011. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika sebelum dan setelah eksperimen (post test dan  pre test). Sebagai matching sampelnya adalah hasil pre test dan sebagai uji hipotesisnya adalah hasil post test dengan teknik t-test. Jenis tes yaitu tes objektif yang terdiri dari tes pilihan ganda dan tes isian. Dari hasil analisa data diperoleh t0= ±2,136 dengan db= 18, tt= ±2,101 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian t0 > tt.  Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan pemberian model pembelajaran terarah bagi anak berkesulitan belajar matematika akan berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar dapat diterima kebenarannya.

Kata kunci: model pembelajaran terarah dengan media puzzle, pretasi belajar, anak berkesulitan belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar