Minggu, 20 Oktober 2013

ANDA YANG MEMUTUSKAN ;)



Ada seorang kakek yang berumur 92th, karena usia sang kakek mengalami kebutaan. Meski demikian sang kakek tetap punya selera tinggi & percaya diri
terlihat dari pakaian & rambut yg selalu rapi. Suatu hari sang istri meninggal & sang kakek harus masuk ke panti jompo.

Sang kakek pun berangkat & setibanya ia menunggu dengan sabar di lobi, tak berapa lama kemudian sang kakek diberitahu bahwa kamarnya sudah siap. Kakek pun sangat antusias ketika petugas panti jompo menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil, termasuk perabotan yang ada di dalamnya. Mendengar hal itu sang kakek bagaikan seorang anak kecil yang baru saja mendapatkan hadiah.

Dengan senangnya ia berkata, "Aku sangat menyukaikanya" melihat respon sang kakek, petugas pun berkata, "Kakek kan belum masuk ke kamar itu, tahan dahulu perkataan tersebut". Sang kakek pun menjawab sambil tersenyum, "hal itu tidak ada hubungannya, sebab rasa bahagiaku saat ini adalah sesuatu yang sudah aku putuskan dari awal. Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, sama sekali tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur, tetapi bagaimana aku mengatur pikiranku.

Saat ini aku menyukai kamarku, itu adalah keputusan yg kubuat ketika aku bangun dari tempat tidurku pagi ini. Aku punya pilihan, apakah aku akan menghabiskan waktu ditempat tidur & meratapi kekuranganku, karena ada bagian tubuhku yg tidak dpt berfungsi lagi, atau turun dari tempat tidur & berterima kasih atas bagian-bagian tubuhku yang masih berfungsi.

Kita memiliki pilihan untuk menjalani setiap hari kita, bisa memilih untuk bahagia, bersyukur atau hidup dengan kebencian, amarah, khawatir, tidak bersemangat.

Bagaimana dengan Anda? Perasaan apa yg Anda pilih hari ini, besok, lusa & hari-hari selanjutnya?
Disadur dari "Pendidikan Karakter"
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar