Kamis, 26 September 2013

Meningkatkan Semangat Mewarnai Gambar dengan Lomba (PraSekolah)

 Meningkatkan Semangat Mewarnai Gambar melalui Lomba

Dengan mewarnai gambar, anak menjadi lebih kreatif mengembangkan imajinasinya. Mereka dapat memilih warna apa saja yang mereka sukai. Mereka dengan percaya diri menentukan warna yang sesuai dengan gambar yang ada di hadapannya. Akan tetapi tidak semua anak suka mewarnai.

Mereka suka merasa bosan, lelah, bahkan mengantuk saat mewarnai. Apalagi bila mereka tidak menyukai gambar tersebut. Dari pada menyelesaikan gambarnya, mereka cenderung lebih suka memerhatikan teman-teman di sebelahnya. Mengomentari warna yang digunakan teman, bahkan ada yang mengganggu.

Oleh karena itu untuk meningkatkan minat mewarnai pada anak maka diadakan perlombaan mewarnai gambar. Tujuannya, agar anak lebih termotivasi untuk menyelesaikan gambarnya sebaik mungkin. Apabila dilombakan berarti akan ada pemenang dan mendapatkan hadiah. Anak usia dini sangat menyukai hadiah. Dengan demikian mereka akan lebih bersemangat lagi, karena mereka ingin menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.

Pertama-tama guru memotivasi anak agar lebih semangat dalam mewarnai. Jika fokus terhadap gambar yang akan diwarnai tersebut maka bisa menghasilkan gambar yang bagus. Kemudian guru mengajarkan cara mewarnai yang baik dan benar. Selain itu, anak-anak juga sering dilatih mewarnai berbagai macam gambar, sehingga mereka lebih terbiasa lagi mewarnai. 

Desain Kegiatan:

Lokasi/alamat pelaksanaan praktik yang baik
:

Tingkat pendidikan
:
Pra Sekolah
Lingkup pendidikan
:
Se-Kecamatan
Masalah/Latar belakang – Mengapa praktik yang baik ini dianggap penting? Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah apa?
:
1.      Anak-anak suka malas-malasan saat mewarnai.
2.      Anak cenderung sulit untuk fokus terhadap gambar yang ada di depannya.
3.       Anak lebih suka mengomentari gambar teman di sebelahnya
Tujuan praktik yang baik
:
  1. Agar anak menjadi lebih bersemangat dalam mewarnai gambar.
  2. Agar anak menjadi lebih fokus dalam mewarnai gambarnya.
  3. Agar anak tidak lagi mengomentari gambar teman-temannya.
Penjelasan: strategi, proses/langkah kegiatan/sumber atau materi yang dibutuhkan
:
  1. Memotivasi anak agar lebih bersemangat dalam mewarnai gambarnya.
  2. Menjelaskan kepada anak untuk tetap fokus mewarnai agar mendapatkan hasil gambar yang bagus.
  3. Mengajarkan teknik mewarnai yang baik.
  4. Memberikan latihan mewarnai gambar.
Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik
:
Anak menjadi lebih bersemangat mewarnai karena mereka melihat banyak teman-teman baru, yang akan menjadi saingan mereka. 
Informasi pelaku dan/kontributor – nama dan alamat
:




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar