Kamis, 26 September 2013

Pendidikan sebagai Transformasi Budaya

Baiklah, untuk mengawali pembahasan materi Pendidikan Kebudayaan Daerah pertama saya akan mencoba membahas mengenai konsep pendidikan sebagai transformasi budaya. Sumber data primer yang saya pakai adalah buku pendidikan multikultural (Choirul Mahfud; 2011)

Menurut Kuntowijoyo (2006)"Pendidikan dan kebudayaan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Pendidikan adalah salah satu wujud dari kebudayaan sedangkan budaya adalah suatu sistem yang koherensi". Saya bisa mengatakan bahwa pendidikan adalah unsur dari budaya yang dapat sinergis memperkuat, memajukan dan mengemas kebudayaan agar selalu dapat menjadi cipta, rasa dan karsa yang memenuhi segala kebutuhan manusia.

Ki Hajar Dewantara "Pendidikan adalah upaya sadar manusia untuk mengembangkan kehidupan masyarakat, sedangkan budaya adalah hasil akal budi untuk memenuhi kehidupan sehari-hari".

HAR Tilaar (2002) " Pendidikan nasional berakar pada kebudayaan nasional dan kebudayaan nasional berakar pada kebudayaan daerah" sehingga disini ada dua mind set besar yakni: (1) mengenalkan unsur budaya nasional sebagai usaha mengambangkan identitas bangsa Indonesia, (2) memberi wahana komunikasi serta penguatan solidaritas nasional.

Melville J. Herskovits & Branislaw Malinowski, "Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan dalam masyarakat itu sendiri. Hal ini mencerminkan bahwa kebudayaan sangat erat dengan masyarakat. 

Edward Burnett Tylor, " Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dll."

Kesimpulannya pendidikan disini mempunyai tempat yang strategis sebagai media dalam masyarakat untuk proses sosialisasi beberapa nilai, pengetahuan, sikap dan keterampilan dimana budaya terintegrasi ke dalam setiap unsur tersebut. Kalau pendidikannya berjalan dengan optimal maka akan menghasilkan masyarakat madani yang beradab begitu pula sebaliknya.


Semoga Bermanfaat.
Alhamdulillah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar